Friday 22 July 2016

Kamu Introvert? then be proud: Orang-orang Sukses dunia yang merupakan Introvert

Abraham Lincoln dan Emma Watson mempunyai kesamaan, begitu juga pada Eleanor Roosevelt dan Christina Aguilera.
Ketika para Extrovert mendapatkan energy dalam sebuah kelompok besar atau acara yang terdapat banyak orang (party), hal sebaliknya dirasakan oleh introvert. Mereka butuh ruang untuk menikmati kesunyian atau kesendirian. Para introvert mendapatkan ketenangan ketika sendiri, meeka mendpat kekuatan ketika mengerjakan tugas dalam kesendirian.

Seorang introvert pada dasarnya adalah mereka yang lebih senang mengerjakan pekerjaaan sendiri, tidak dalam kelomp[ok, lebih memilih berdiam diri didalam kamar atau rumah daripada keluar ke acara atau perkumpulan, dan memiliki kemampuan berpikir secara mendalam dengan diri mereka sendiri.mereka biasanya berpikir beberapak kali apa yang akan diucapkan, dan merupakan pemecah masalah terbaik bagi diri sendiri maupun dalam pekerjaaan.
Saya sendiri bisa dibilang cenderung ke introverted person. Kata-kata seperti “Bim, jangan lupa hadir di acara ulang tahun ku ya.” Atau “besok kita akan pergi sama-sama ke pertemuan remaja.” Sudah menjadi semacam momok tersendiri bagi saya, bahkan sebelum pergi, saya sudah  merasa gugup dan kewalahan.
Saya juga akan menghabiskan energi memikirkan hal-hal semacam,
Apa yang akan kulakukan disana? Apa aku harus mencari teman bicara? Oh, ini ide yang buruk, aku benci pesta. Bisa kah aku pulang lebih awal dari mereka?
Bagaimana mungkin aku bisa berbincang dengan mereka? Aku akan terlihat aneh.
Namun itulah diri saya, dan secara science sudah dibuktikan juga bahwa seorang Introvert merupakan bawaan dari gen – bukan karena pengaruh lingkungan dan hal – hal external lainnya.
Mungkin orang-orang akan berpikir bahwa mereka, para Introvert, adalah sekumpulan orang-orang yang pemalu dan tidak bisa bergaul dalam kelompok. Namun nyatanya tidak demikian, buktinya banyak pesohor-pesohor dunia yang meraih ketenaran dan kesuksesan mereka namun tanpaharus memiliki kemampuan berbicara, atau menikmati waktu bersam kerumunan orang. Beberapa diantaranya adalah artis dan bintang film, yang tanpa disangka dibalik kecemerlangan kemampuan dan talenta mereka, adalah seorang Introvert.
Berikut adalah orang-orang sukses yang merupakan Introvert:
J.K Rowling
Author dari buku best seller Harry Potter ini sering di kenal sebagi seorang Introvert. Orang –orang yang diidentifikasi sebagai Introvert sering merasakan lebih kreatif ketika menyendiri, dibandingkan didalam group.
Dia pernah menulis bahwa “…to my immense frustration, I didn’t have a pen that worked, and I was too shy to ask anybody if I could borrow one..”
Bill Gates
Penulis dan ahli Introvert Susan Cain, menggambarkan co-founder Microsoft sebagai seorang Introvert. Dia menulis “ Bill Gates tidak akan pernah menjadi seorang Bill Clinton, tak peduli bagaimana ia melatih kemampuan sosialnya, dan Bill Clinton tidak akan bisa menjadi Bill Gates, tak peduli berapa banyak waktu ia habiskan dengan computer..”
Dia juga (Bill Gates) merupakan suatu contoh seorang Introvert yang tidak pemalu, tulis Cain dalam blog Phychology Today. “Bill Gates adalah seorang pendiam dan gemar membaca buku tapi rupanya tidak terganggu dengan pendapat orang lain tentang dirinya: dia adalah seorang introvert, tapi tidak pemalu.”
Abraham Lincoln
”Pada tahun-tahun awal negara, merupakan lebih mudah bagi Introvert untuk mendapat penghargaan.” Kata Cain dalam Q&A bersama Amazon.com.
“Amerika suatu kali pernah mewujudkan  apa yang sorang sejarawan budaya Warren Susman sebut “Culture of Character” yang menilai kekuatan dalam diri, integritas dan perbuatan baik kau lakukan ketika tidak ada seorang pun yang sedang melihat. Abraham Lincoln merupakan salah satu yang dipuja-puja sebagai pria yang tidak melukai dengan superioritasnya.”
Christina Aguilera
Bintang Pop  dan mentor acara ajang pencarian bakat ini sepertinya terlihat sebagai seorang extrovert diatas panggung, tapi tahukah anda bahwa nyatanya, Christina adalah seorang yang sedikit pemalu. “dia mengatakn kepada saya bahwa dia selalu bersemangat dan introverted, dan sebagai hasilnya, dia merasa sebagai seorang yang berbeda sepanjang hidupnya.”tulis Gaby Wood untuk Marie Claire mengenai interviewnya untuk majalah, yang di terbitkan awal 2010.
Albert Einstein
Ahli fisika ternama dunia yang menciptakan teori relativitas ini sering sekali dipikirkan sebagai seorang Introvert. Seperti halnya para Introvert lain, dia melakukan pemikiran terbaiknya saat menyendiri: “The monotony and solitude of a quiet life stimulates the creative mind.” Ungkapnya.
Emma Watson
Bintang film The Perks Of Being A Wallflower ini sudah pernah mengatakan bahwa dirinya adalah seorang Introvert, dan memegang reputasi sebagai non-party girl.
“ini menarik, karena orang-orang mengatakan hal semacam ‘sangat keren bahwa kau tidak keluar dan minum-minum sepanjang waktu, atau pergi ke club’, dan aku hanya seperti, maksudku, aku mengapresiasi itu semua, tapi aku adalah seorang Introvert secara alami, itu bukanlah sebuah pilihan yang sadar yang aku buat. Itu sejatinya adalah siapa diriku..”. Katanya nya kepada Rookie. “..kemudian menyadari tentang diriku yang memiliki kekuasaan dibalik ini, karena  aku pernah merasa seperti, Oh Tuhan, sepertinya ada yang salah dengan diriku, karena aku tidak ingin pergi keluar dan melakukan apa yang teman-teman ku lakukan.”
Mahatma Gandhi
Pekerjaan Gandhi adalah bukti positif bahwa kamu tidak harus menjadi extrovert untuk menjadi pemimpin yang efektif. Dia pernah berkata “In a gentle way, you can shake the world”
Audrey Hepburn
Disamping pribadinya yang dikenal publik, aktris Britania Raya ini mengakui dirinya sebagai seorang Introvert. Dia seringberkata “Saya adalah seorang Introvert. Saya mencintai menjadi diri sendiri. Mencintai kegiatan outdoor, jalan-jalan bersama anjing saya dan melihat langit.”
Warren Buffet
Buffet dikenal untuk pemikirannya yang kritis dan hati-hati ketika mereka yang disekitarnya kehilangan akal. “Success in investing doesn’t correlate with IQ.” Kata Buffet. “ketika kau memiliki kepandaian yang biasa saja, apa yang kau butuhkan adalah temperamen untuk mengontrol keinginan yang membuat orang lain menghadapi masalah dalam investasi.”
George Stephanopoulos
“Disamping pekerjaan ku mengobrol dengan banyak orang, Saya adalah seorang Introvert.”
Sang jurnalis TV ini mengatkan kepada Good Housekeeping pada tahun 2012.
Dan salah satu cara untuk melepaskan kepenatan dengan dunia yang ramai dan sibuk nya adalah dengan meditasi.
Itulah beberapa orang sukses di dunia yang di akui sebagai seorang Introvert. Mereka merupakan pemikir dan penyendiri, mereka tidak atau jarang ke acara pesta maupun perkumpulan, mereka lebih memilih menghabiskan waktu membaca buku daripada berbicara. Namun, apa yang mereka capai bahkan dapat merubah dunia. So, apakah kamu salah seorang Introvert? Cari tahu sekarang, atau kau sudah tau? Maka berbanggalah menjadi diri mu sendiri. Salam Introvert! BS

No comments:

Post a Comment